Home > Miscellaneous > Cat Kapal dan Proses Pengecatan Kapal

Cat Kapal dan Proses Pengecatan Kapal

  

Cat Kapal 

cat kapal pada umumnya sebutan untuk marine coating atau marine paint, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan cat marine atau cat kapalcat kapal termasuk deretan jenis cat yang berkelas dan berkualitas, karena cat kapal sendiri di fungsikan untuk melindungi bagian – bagian kapal agar terhindar dari korosi dalam jangka waktu yang cukup lama. Sifat proteksi pada cat kapal sangat diutamakan mengingat kapal terus menerus berhadapan dengan air laut yang mengandung garam yang sangat tinggi (NaCl), disamping itu cat kapal sendiri juga berhadapan langsung dengan cuaca yang tiada henti-hentinya, yaitu hujan, panas dan dingin. Kombinasi resin dan pigment serta additive dalam material cat kapal mempunyai sifat atau karakteristik yang sangat baik. 

 

Pengecatan Kapal Besi

Material cat kapal, terdiri dari :

Under water atau bottom :

yaitu bagian kapal yang berada pada bagian yang terendam air laut secara terus menerus, sehingga perlu penanganan dan perhatian secara khusus dan serius. Pada bagian ini perlu dicat secara 3 lapisan diantaranya :

1. Primer bottom/anti korosi/cat AC

2. Cat Intermediate

3. Cat anti fouling.


Bottop

yaitu bagian kapal yang berada disamping sebelah atas bottom atau biasa disebut sebagai sisi luar kapal. Bagian ini umumnya disebut Bottop sehingga cat kapalyang dipergunakan adalah :

1. Primer bottom/cat anti korosi/cat AC

2. Cat Intermediate

3. Cat bootoping


Top side

yaitu bagian kapal yang berada diatas kapal biasa disebut sebagai top side kapal. Bagian ini umumnya disebut top side sehingga cat kapal yang dipergunakan adalah :

1. Primer marine

2. Top side coating


Deck side

yaitu bagian kapal yang berada diatas kapal di bagian geladak/lantai kapal yang biasanya biasa disebut sebagai deck side kapal. Sehingga cat kapal yang dipergunakan adalah :

1. Primer marine

2. Deck coating / deck paint / cat lantai kapal


Engine room

yaitu bagian kapal yang berada didalam kamar mesin didalam kapal di bagian ini biasanya biasa menggunakan cat kapal yang tahan terhadap minyak dan panas mesin,  diantaranya adalah :

1. Primer marine

2. Engine room coating


Anchor and chain

yaitu bagian kapal atau aksesories kapal yang satu ini disebut sebagai rantai dan jangkar kapal. Dianjurkan menggunakan cat Kapal yang berwarna hitam tahan korosi yang mengandung bituminous. diantaranya adalah :

1. Primer marine

2. Bituminous paint

itulah cat kapal yang tergambar secara global.

MARINE COATINGS | AGATHA PAINT | PROTECTIVE COATING
Home Home