Home > Industrial > Cat Anti Korosi | Cat Anti Karat

Cat Anti Korosi | Cat Anti Karat


Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat atau disebut juga sebagai Cat Tahan Korosi atau Cat Tahan Karat adalah sebuah material cat yang di aplikasikan atau dilapiskan kepada material yang terbuat dari bahan besi, baja atau steel, agar supaya baja/steel/besi tersebut tidak timbul korosi atau karat. Cat Anti Korosi  atau Cat Anti Karat mempunyai karakteristik sifat proteksi atau Protective Coating anti korosi. Cat Anti Korosi  atau Cat Anti Karat pada dasarnya mengandung pigment yang berfungsi untuk mencegah korosi atau karat, di kombinasikan dengan resin atau binder atau perekat yang mempunyai sifat proteksi terhadap besi/baja/steel sehingga terlindung dari media luar, yaitu udara dan air.

Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat umumnya merupakan jenis cat dasar atau cat meni atau cat primer yang cocok sekali diaplikasikan pada saat setelah besi/steel/baja melalui proses blasting atau pembersihan dengan skala sa 2,5a. Setelah proses ini Cat Anti Korosi  atau Cat Anti Karat dapat langsung diaplikasikan dengan menggunakan kuas, roll, air  spray atau airless spray, dengan pengencer thinner perbandingan 10-20 prosen dari berat cat atau tergantung jenis aplikasi dan metode pengecatan di lapangan.

Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat terdiri dari beraneka ragam warna  diantaranya red oxide atau warna merah bata, grey, green marine, yellow. Umumnya Cat Anti Korosi  atau Cat Anti Karat berwarna grey atau red oxide. Warna grey pada Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat mengandung pigment zinc yang terdapat pada cat yang bernama Inorganic Zinc, Zinc Rich Primer, Shop Primer, Metal Primer, Zinc Chromate Primer dan Epoxy ZInc Rich Primer.

Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat yang berkelas dan berkualitas yang baik bagus dan bermutu tinggi adalah Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat yang mengandung pigment dasar yang bernama zinc dengan kadar yang tinggi umumnya terdapat pada cat yang bernama Inorganic Zinc atau Zinc Rich Primer.  Bentuk cat ini adalah berupa bubuk atau dust dan dikombinasikan dengan resin Chlorinated Rubber Resin atau Polyamide Resin. Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat jenis ini dapat melindungi besi/baja/steel dari korosi dan karat dalam jangka waktu yang lama, serta mempunyai karakteristik Protective Coating terhadap air dan air laut, Sehingga cocok diaplikasikan pada perbendaharaan Kapal / Marine, Jalur Perpipaan / Pipeline, Tank Storage / Tangki penyimpanan.  Dari segi harga, Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat  jenis ini adalah tergolong cat yang mahal.

Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat yang berkelas standar terdapat pada jenis cat bernama Alkyd PrimerMetal PrimerEpoxy Primer dan Shop Primer. Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat jenis ini mempuyai warna grey atau red oxide, dapat mencegah karat atau korosi dalam jangka waktu yang lama, sehingga cocok di aplikasikan pada Pipeline, Tank Storage dan Steel Structure pada daerah pinggir laut, offshore dan onshore. Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat jenis ini tidak cocok untuk pengecatan dasar atau awal setelah proses blasting.  SSPC yang dianjurkan adalah Sa 2,5a dan perbandingan thinner sebesar 10%-20%, tergantung jenis metode dan aplikasi di lapangan. Dari segi harga, Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat  jenis ini adalah tergolong cat yang standart.

Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat yang ekonomis umumnya terdapat pada jenis cat yang bernama Zinc Chromate atau Meni Besi Merah atau Meni Besi Hijau atau Meni Ijo (orang jawa menyebut). Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat jenis ini cocok diaplikasikan untuk pekerjaan Steel Structure atau Steel Cosntrution, Bridge/jembatan, tower, dan perbendaharaan material lainnya. Dari segi harga, Cat Anti Korosi atau Cat Anti Karat jenis ini adalah tergolong cat yang murah. 

Macam - macam anti karat untuk pencegahan korosi besi, yaitu :

1.    Pengecatan/Coating/Paint, Pengecatan besi dengan Cat Anti Korosiatau Cat Anti Karat dapat melindungi besi agar tidak kontak langsung dengan udara dan air. Perlindungan besi terhadap Karat/Korosi yang disebut cat ini sebaiknya mengandung pigment timbel dan zinc (seng) akan lebih baik, karena keduanya melindungi besi terhadap korosi atau karat.Jenis resin untu cat anti karat/cat anti korosi tersebut dapat berupa cat damar, cat sintetis, cat alkyd, cat enamel, cat tahan karatcat tahan korosi, cat epoxy, dan cat polyurethane. Resin atau binder diatas merupakan lapisan cat yang akan dipergunakan untuk melindungi besi atau baja agar tidak kontak langsung dengan udara dan air.

2.       Pembalutan/Wrapping/Coating/Seal Tape. Jetty, pipa, tangki dan structure lainnya yang memungkinkan untuk di balut.

MARINE COATINGS | AGATHA PAINT | PROTECTIVE COATING
Home Home